Zantoso's Blog

life is great adventure

Pendakian Pulosari 1346 mdpl

Menikmati Cuaca di Pulosari (Ujan-ujanan, Angin-anginan)

Yup karna lagi bulan-bulannya ujan (berkaitan dengan headline di atas :p), tapi kehendak hati yang udah kangen ama gunung maka berangkatlah kita hehe..disamping itu hal yang paling crusial adalah bahwa lokasi gunung yang deket, masa yang jauh kita jabanin eh yang deket gak di tengok..hehe. Pagi-pagi belum berangkat aja dah ujan terus. Kali ini keberangkatan kita beda dari biasanya kita pake motor, karna memang lokasi Pulosari di kabupaten Pandeglang tidak begitu jauh dari domisili kita di Serang, jarak tempuh kurang lebih 2 jam.

Sabtu siang, 14 Januari 2012 jam 14.00 kita berangkat, team terdiri dari Eby, Defri, Imron, Ifa (istriku tercinta..hehe) dan saya sendiri, sampai di desa Cilentung Pos pertama tepat di bawah kaki Pulosari jam 16.00, disini kita bisa titip kendaraan sekalian packing ulang persiapan mendaki. Tarip penitipan cukup terjangkau 5000 rupiah sehari semalem.

Jam 16.30 kita bersiap dan memulai pendakian, harga tiket masuk perorang 5000 rupiah. jalur awal pendakian masih tertata rapih dengan paving block kurang lebih 50 meter, untuk kemudian selanjutnya jalur berbatu dan terus menanjak dengan kanan kiri ditemani vegetasi khas pegunungan.

Jam 17.15 kurang lebih kita sudah sampai di Curug Putri, karna cuaca berkabut dan makin gelap, akhirnya kita putuskan untuk lanjut menuju kawah dimana kita bisa mendirikan tenda, ketika turun baru nanti kita mampir Curug Putri.

Jam 17.45 plus minus sampailah kita di areal kawah, view dipenuhi dengan kabut ditambah memang waktu yang beranjak senja, pandangan kita menjadi terbatas. Di kawah ternya kita tidak sendiri, sudah ada satu tenda yang katanya mereka datang dari Rangkasbitung. Tidak lama kemudian 2 buah tenda kita sudah berdiri, saatnya beristirahat sembari menyiapkan santap malam..

Malam hingga Pagi. Semalaman kami guyur hujan plus angin, tapi tetap ceria, kita masih bisa berbincang meski cuma dalam tenda..haha, sampe pagi hujan sempat reda, memberi kesempatan buat kita bikin kupi & sarapan. kabut masih tetap tebal, diiringi ujan juga, pandangan terbatas, rencana semula yang mau nengokin puncak akhirnya kita cancel, padahal titik tertinggi Pulosari sudah dekat sepertinya kalo gak salah +- 300 an meter lagi. Alhasil kita putusakan untuk packing dan turun. Mantap.. sepanjang perjalanan turun kita diguyur ujan. kurang lebih 2,5 jam perjalanan kita sudah sampai tempat penitipan motor. Istirahat sembari menyeruput teh panas & kopi di warung sekaligus tempat penitipan motor. Cukup lama kita beristirahat disini..hingga akhirnya kita beranjak pulang.

Sujud syukur kita untuk Sang Pencipta Hujan dan Angin, sehingga kita masih diberi kesempatan nikmat cuaca dan karunia Pulosari.